DEFINISI HORMON

Definisi Hormon adalah Zat yang memiliki ciri dan pengaruh khusus pada tumbuhan tanaman dan menghasilkan pengaruh-pengaruh ketika berada pada kosentrasi yang sangat rendah. Hormon-hormon seperti itu merangsang pertumbuhan tanaman dengan mengembangkan bagian sel atau pemajangan sel, Sementara yang lain justru menghambat proses pengembangan seperti itu.

Hormon mencakup zat-zat yang dihasilkan baik oleh tanaman maupun buatan (artificial), seringkali keduanya tersusun dari bahan yang relatif sama, yaitu zat-zat kimia yang memiliki pengaruh yang sama.

Beberapa Contoh Hormon Tumbuhan adalah auskin, gibberellin dan acetylene. Auskin sintesik banyak digunakan secara luas untuk hormon pertumbuhan akar sedangkan yang lain digunakan antara lain untuk induksi bunga. Lihat Cangkok, Auksin, Stek, Enzim, Induksi bunga, Rejuvenasi, Hormon perakaran.



Pengertian Hormon perakaran adalah Zat pertumbuhan yang secara khusus merangsang pembentukan dan pertumbuhan akar.  Senyawa aktif didalamnya biasanya mengandung asam –Indole Butyric (IBA) atau asam –Napthalene-Acetic (NAA). Dijual dalam berbagai nama dagang misalnya Rootone  atau Seradix. Lihat Cangkok, Auksin,Stek, Hormon, Propagasi vegetatif.



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer